Tips untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai Gadget

Gadget memiliki peran yang cukup penting saat ini karena banyak sekali fungsi yang memudahkan kehidupan kita saat ini. Mulai dari penunjuk arah dengan fitur GPS nya, kemudian berkomunikasi, berjualan online, dan banyak lagi fungsi dari gadget yang membuat kemudahan dalam hidup kita.

Hanya saja, masalah yang sering ditemui adalah keterbatasan dari baterai gadget apalagi baterai yang sudah lama dipakai. Untuk itu, berikut ini akan saya sebutkan cara merawat beterai gadget yang benar.

Cara ini akan memberikan ketahanan lebih pada baterai anda sehingga anda tidak akan merasakan gangguan yang teramat dari batasan baterai gadget.

Isi Baterai Sebelum Drop

Banyak orang berfikir bahwa baterai harus diisi ketika hape sudah mati total. Sebenarnya, menunggu sampai hape mati total bukanlah hal yang bijaksana. Ketika baterai habis total, kecenderungan untuk kehilangan kapasitas menjadi lebih tinggi.

Jalan terbaik dalam cara merawat beterai gadget adalah dengan mengisi baterai kembali sebelum hape mati total. Anda sebaiknya mulai mengisi ulang baterai ketika baterai berada dalam keadaan 15% sampai 25%.

Ketika baterai masih tersisa dalam kadar yang cukup, tekanan untuk mengangkat zat dalam baterai tidak terlalu berat sehingga proses kimia dapat terjadi dengan maksimal.

Hentikan Pengisian Sebelum Penuh

Kita pasti sangat senang ketika kita melihat bahwa baterai yang kita isi ulang sudah mencapai 100%. Kebanyakan orang akan menunggu sampai titik 100% tersebut terpenuhi karena mereka merasa lebih tenang ketika baterai mereka penuh.

Sebenarnya, mengisi hingga 100% juga tidak disarankan dalam cara merawat beterai gadget. Mengecas baterai sampai 100% memberikan tekanan yang tinggi sehingga zat kimia tidak bisa mengikat energi listrik dengan baik. Terlebih lagi, anda tetap menghubungkan charger ketika baterai sudah 100%, hal itu sangat tidak disarankan.

Menjaga Agar Baterai Tetap Dingin

Ketika kita memakai gadget, tentu di suatu waktu, kita akan merasakan hawa panas ketika penggunaan. Hal ini bisa disebabkan oleh waktu penggunaan yang terlalu lama, atau pemakaian aplikasi dalam jumlah yang banyak dalam waktu bersamaan atau yang sering disebut multitasking.

Cara merawat beterai gadget yang baik tidak menyarankan agar gadget menjadi panas. Gadget yang panas akan memanaskan baterai pula dan hal ini membuat energi pengikat dari baterai menghilang. Oleh karena itu, cara merawat baterai dari gadget juga melibatkan pengurangan porsi penggunaan gadget tersebut.

Menghabiskan Baterai Sebulan Sekali

Pada dasarnya, baterai memang pasti ada saatnya habis total. Menghabiskan baterai total juga termasuk cara merawat beterai gadget. Namun, menghabiskan baterai secara total sebaiknya dilakukan sekali dalam sebulan.

Setelah habis total, anda sebaiknya melepas baterai dari gadget juga supaya sistem pengenal baterai juga direset oleh hape. Dengan begini, baterai akan dikenali dalam keadaan bugar kembali dan tidak ada cache data kelistrikan yang membuat isi baterai dan indikator di layar hape tidak seimbang. Itulah cara merawat baterai dengan cara menghabiskan baterai.

Keempat cara merawat beterai gadget tersebut tentu akan memberikan efek  terbaik jika dilakukan secara bersamaan. Sembarang cara untuk merawat baterai gadget tentu tidak akan memberikan hasil maksimal.

Cara ini sudah terbukti secara ilmiah pula sehingga anda bisa melakukannya dan melihat hasilnya secara nyata. Jika anda sudah memiliki gadget, segeralah anda melakukan hal tersebut agar anda dapat mempertahankan kualitas baterai gadget anda dan tentunya menghilangkan perasaan terganggu yang sering muncul karena baterai mudah rusak.

Deskripsi: cara merawat beterai gadget dapat dilakukan dengan metode dimana metode tersebut dilakukan guna menjaga agar pengikatan energi listrik bertahan lama.

Comments are closed